Selasa, 09 Februari 2010

Kayaknya keren sih nenteng-nenteng hape yang paling sering bikin cewek jadi ngelirik ke arah kita, Ehm. Tapi ternyata, hape semahal dan secanggih Nokia 9500 ini, nggak gampang dipake. Nah ada tips lumayan nih. Langkah-langkah di bawah ini cuma sebagian cara sederhana aja buat mobilers yang udah beli, tapi masih kebingungan, gimana kalo mau rename profiles, gimana mau setting ringtone, atau di mana sih infrarednya? Emang sih cuma hal-hal yang simpel banget, tapi kalo nggak bisa kan tengsin juga. Masa udah beli sampe berjut-jut cuma buat telpon sama SMS aja, ringtone gak ganti-ganti trus foto belon nongol di layar utama. Sayang kan? Mendingan lihat tips di bawah ini, gimana biar kita bisa memaksimalkan fungsi atau setidaknya tahu cara mengoperasikan hape seharga motor ini.


1. Setting Profile
Profile yang diakses dari layar depan (main screen, 128 x 128 pixel), hanya punya pilihan activated aja sama timer. Nggak ada pilihan Edit. Padahal, buat yang sering nyetting profile untuk dipake pada saat tertentu dan setting tertentu, pastilah bete karena nemuin 9500 ternyata nggak punya Edit Profiles. Ternyata hal ini nggak bener! Karena Nokia 9500 punya banget menu edit profile itu (gile banget kalo gak punyaa!). Caranya, buka cover, dari menu utama (desk) buka Tools, trus klik ke CONTROL PANEL. Dari Control Panel, klik telephone, kemudian scroll ke bawah, temukan menu profile. Nah setelah ketemu, kita bisa edit dan rename profile seperti general, meeting, silent dan my profile yang bisa di-rename, seperti biasa.

2. Setting wallpaper.
Mau setting wallpaper, dari menu layar depan kok nggak ada option/pilihan setting wallpaper gitu loh. Nah, untuk menampilkan gambar pada wallpaper, sama seperti menu di atas, klik tools, general, terus klik wallpaper. Di menu ini ada pilihan apakah foto mau ditampilkan di main screen (layar depan) atau layar dalam. (gambar 073)

3. Shortcut
Dalam keadaan tertutup, kita bisa mengakses menu tertentu tanpa membuka menu. Hal ini dikarenakan adanya shortcut dari tombol 4 arah yang terletak di tengah-tengah antara 2 tombol softkey dan tombol terima/matikan telpon. Atas:Menu kamera, langsung bisa untuk mengambil foto/video, Bawah: Contact /buku telepon, Kiri: Write SMS/ menulis pesan, Kanan: SMS Inbox/Kotak masuk pesan

4. Di mana infrarednya?
Buat yang bingung mencari infrared 9500, tim HP langsung kasih bocoran. Infrared Nokia 9500 ini memang rada ngumpet, yaitu berada di bagian bawah hape, dekat bolongan buat nge-charge batere hape, sekilas nggak kelihatan sebagai infrared, tapi cuma sebagai aksen pemanis aja.

5. Mengaktifkan infrared
Untuk yang udah buka control panel-connection trus nyari tombol atau ikon buat nyalain infrared tapi nggak ketemu, nggak usah bingung. Pada tombol keyboard, dekat dengan navy key 4 arah yang berbentuk bulat, ada ikon infrared berwarna hijau pada tombol yang ada tanda panah ke kanan. Untuk mengaktifkan infrared, cukup klik tombol ‘shift’, kemudian tekan tombol tadi (yang ada gambar infrarednya). Untuk mematikan koneksi, biarkan saja beberapa lama, nanti bakalan mati sendiri kalau udah nggak ada pair/pasangannya.

6. Memainkan ringtone dan lagu.
Ringtone atau lagu bisa ditransfer melalui infrared. Tapi setelah ringtone ditransfer, tidak langsung kelihatan di music player. Setelah file diterima, pada menu utama (desk) klik media dan klik music player. Kemudian klik deretan pilihan menu di kiri atas, klik FILE, scroll ke OPEN, terus pilih select folder. Nah, pada menu browse ini kita buka ke folder message, baru deh kelihatan MP3 ringtone yang tadi ditransfer. Setelah di-add, baru kita bisa personalisasi ringtone di menu profiles. (gambar 073)

7. Setting Display
Untuk mengatur brightness layar dalam atau luar, masuk ke Tools-Control Panel-General dan klik display settings. Kontras dan brightness bisa diatur sebanyak 4 tingkatan, pengaturan screensaver dalam menit dan juga periode brightness/tingkat kejernihan dapat diatur dalam durasi menit. Setting display ini penting, karena buat beberapa orang, daya pandangnya berbeda-beda, ada yang tidak suka terlalu silau, atau sebaliknya. (023)

8. Data Mover
Nah, ini yang paling penting. Buat mobilers yang udah lebih dulu menggunakan komunikator seperti 9210i, tinggal transfer data/contact/phone book/gambar dll dengan menggunakan data mover ini. Cara masuk menunya adalah Tools-control panel-data management-data mover. Menu ini juga memungkinkan kita untuk menggunakan SIM card lama (pada 9210i), setelah dikonversi terlebih dahulu.

9. Messaging
Yang paling penting dalam suatu hape, apalagi kalo bukan SMS-nya. Di komunikator 9500 ini, setting sms-centre dan MMS centre-nya ada di Tools-Control Panel-Messaging. Saat membalas SMS, T9 Text input tidak muncul, mungkin ini sedikit kekurangannya.

10. Kesimpulan
Buat yang udah pake komunikator sebelumnya, 9500 pasti bikin kamu tercengang-cengang. Kelebihannya adalah, daya tahan batere yang lebih baik, memory cukup sampai bisa membuka 10 atau lebih aplikasi dan masih mengoperasikan aplikasi yang lain. Untuk koneksi GPRS, WiFi hanya beberapa detik saja. Nggak heran harga yang dibandrol gila-gilaan, karena 9500 bukan hanya revolusi, tapi merupakan evolusi.

0 komentar:

Poskan Komentar

Mohon Tidak Mengirim Spam : Karena Setiap Spam akan kami hapus