Selasa, 23 Maret 2010

Apa sih Toko Online itu?Toko Onlineadalah sebuah tempat yang dapat membantu kita untuk mempunyai sebuah tempat berjualan secara online,tempat tersebut tentunya bukan sebuah bangunan nyata tetapi apa yang di hasilkan adalah sebuah produk jual yang nyata. sebagai sebuah Toko tentu mesti ada tempat dan alamat , nah tempat tersebut adalah sebuah Website dan alamat tersebut adalah sebuah nama domain.

Sebagaiman kita hendak membuat sebuah Toko , kita juga perlu biaya. tapi dalam era Internet biaya tersebut bisa di “hilangkan”, tentu dengan memanpatkan hosting gratis. kita juga sepakat , kalau ada yang gratis kenapa kita mesti bayar…..betul kan?nah berikut ini langkah-langkah untuk membuat sebuah Toko Online secara Gratis:

1. Download Prestashop: http://www.prestashop.com/en/downloads

Baca juga Cara Install Prestashop

2. Registrasi free web hosting di http:www.byethost.com

Dalam proses registrasi byethost.com nantinya akan diperlukan link aktivasi melalui email yang anda masukkan. Jangan lupa untuk download account byethost untuk kepentingan login cpanel.

Demikian lah beberapa langkah sederhana untuk membuat sebuah Toko Online , mudah-mudahan artikel ringan ini bisa membantu anda yang berkeinginan membuat sebuah Toko Online untuk menjual berbagai produk. selamat mencoba!

Okey, jika anda sudah log-in ke http://byethost.com dan anda telah memiliki toko online, maka langkah yang tak mesti dilupakan adalah:

Cara Upload Prestashop

Upload Prestashop terbagi kedalam dua bagian yakni:
A. Sign Up Free Hosting
B. Upload Prestahop

Kedua hal tersebut merupakan langkah -langkah yang harus “dilewati” :

A. Sign Up Free Hosting

1. Sign Up / Registrasi free hosting di
* catatan: disarankan memakai browser Mozilla Firefox pada saat registrasi.
2. Setelah registrasi selesai, akan ada perintah untuk melakukan aktivasi pendaftaran melalui email yang anda berikan.
3. Setelah Aktivasi, jangan lupa untuk download account byethost anda.

B. Upload Prestahop

1. Download CMS Prestashop.
2. Extract di local PC.
3. Masuk Cpanel byethost (http://panel.byethost.com)
4. Buat nama database untuk prestashop. Caranya: klik “MySQL databases” – Make a new database:: (isi: prestashop) – Create Database, maka akan anda dapatkan nama database baru, misal: b12_3310099_prestashop.
5. Upload isi file Prestashop hasil download ke byethost dengan menggunakan FTP software. Bila di PC anda belum terinstall, silakan download Filezilla Free FTP Software.

Cara Upload file menggunakan Filezilla :

* Jalankan aplikasi Filezilla FTP client di PC anda.
* Host: isi dengan account ftp anda, misal: ftp.byethost12.com
* Isi Username dan password byethost anda kemudian klik button Quickconnect.

Dan setelah berhasil login maka di halaman filezilla akan terpampang folder htdocs (sebelah kanan) untuk menempatkan atau upload file prestashop dari pc anda.

Catatan: sebelum upload file2 prestashop, silakan delete/hapus semua file yang ada dalam folder htdocs tersebut, (misal: index html, dll).

Tips: cara menghapus file bisa menggunakan filezilla maupun file manager Cpanel.

Yang perlu dipahami bahwa proses upload file prestashop ke htdocs byethost akan sedikit lama dan butuh kesabaran karena kita harus upload satu persatu dari masing2 file prestashop tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Tidak Mengirim Spam : Karena Setiap Spam akan kami hapus