Rabu, 24 Maret 2010

Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses menyiapkan website Anda agar mudah ditemukan dengan kata kunci generik melalui berbagai search engine secara organik, artinya website Anda muncul dalam hasil pencarian bukan karena Anda memasang iklan pada search engine tersebut. Penggunaan Strategi SEO yang tepat akan dapat membantu sebuah website untuk ditemukan melalui Search Engine.


Berikut strategi SEO yang bisa diterapkan dalam konten website:

1. Page title
Judul yang muncul pada browser saat Anda mengakses website. Usahakan gunakan dua keyword utama Anda di situ dan pisahkan dengan tanda “|”.
2. Domain/URL
Jika mungkin, gunakan keyword utama Anda pada URL halaman website Anda. Contoh: http://domainanda.com/keyword-utama.html
3. Meta tag description
Meski saat ini meta tag tidak lagi dijadikan target indexing mesin pencari, namun penggunaan meta tag yang mendeskripsikan isi halaman dengan tepat merupakan strategi SEO yang cukup dapat membantu.
4. Header
Judul utama isi halaman. Sebisa mungkin gunakan keyword utama pada tag <h1>, dua atau tiga kali pada tag <h2> dan lebih banyak lagi pada tag <h3>
5. Atribut “alt” pada image (img)
Kalimat yang muncul apabila gambar tidak dapat dimunculkan. Usahakan gunakan keyword utama pada atribut “alt” di gambar yang ditampilkan.
6. Format tulisan
Search engine lebih memperhatikan tulisan yang berformat seperti tebal, miring, atau bergaris bawah. Usahakan memberikan format tersebut pada kalimat yang Anda gunakan sebagai keyword utama.
7. Tingkat kepadatan keyword
Menunjukkan seberapa sering keyword muncul dalam tulisan. Namun daripada selalu mengulang keyword, usahakan menuliskan keyword dalam kalimat secara alami. Dalam strategi SEO, kepadatan yang disarankan adalah 2% sampai 7% dalam tulisan.
8. Text Link
Link yang mengarahkan pengunjung ke bagian lain website Anda. Daripada menuliskan “klik di sini”, lebih baik tuliskan keyword utama Anda di situ seperti “Lebih jauh tentang strategi SEO”.
9. Reciprocal Link
Link pada website lain yang mengarah pada halaman website Anda menarik search engine untuk mengunjunginya. Semakin banyak, maka semakin bagus untuk strategi SEO.
10. Konten berkualitas
Konten berkualitas baik adalah strategi SEO paling hebat dari yang pernah ada. Jadi usahakan selalu menulis artikel yang berkualitas dengan menerapkan strategi SEO sebelumnya.
11. Sitemap
Buat sitemap untuk menginformasikan search engine tentang isi website Anda. Usahakan link yang menuju halaman artikel Anda juga tercantum pada sitemap website Anda.

Menerapkan strategi SEO adalah tidak mudah. Sangat jelas sekali, bahkan saya bukanlah ahli SEO yang mampu dalam sekejap membuat sebauh website bertengger di halaman pertama hasil pencarian. Hanya sekali saya sempat merasakan hal itu ketika blog ini masih di versi lama sebelum saya hapus.

Namun, susahnya menerapkan strategi SEO yang benar bukan berarti Anda harus menyewa seorang konsultan SEO untuk website Anda. Anda pasti mempu menerapkan strategi SEO Anda sendiri, karena melakukan
SEO butuh latihan dan kerja keras, bukan ilmu yang instan.

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Tidak Mengirim Spam : Karena Setiap Spam akan kami hapus