Senin, 12 Juli 2010

Viandraminerva,Johannesburg – Uruguay gagal meraih gelar di Piala Dunia 2010 setelah kalah 2-3 dari Jerman dalam perebutan tempat ketiga, Sabtu (10/7), tapi striker mereka, Diego Forlan, pulang dengan membawa Bola Emas setelah terpilih sebagai Pemain Terbaik.

Forlan berhasil mengalahkan dua pesaingnya yang lebih diunggulkan striker Spanyol David Villa dan playmaker Belanda Wesley Sneijder dengan mendapatkan 23,4 persen suara dari para jurnalis Piala Dunia 2010. Sneijder menduduki peirngkat kedua dan mendapatkan Bola Perak dengan 21,8 persen dan Villa memperoleh Bola Perunggu dengan 16,9 persen.

Forlan juga menjadi salah satu pemain yang paling produktif di turnamen ini dengan 5 gol sama dengan yang dibukukan Villa, Seneijder dan striker Jerman Thomas Mueller.

Tapi, ia tak mendapat penghargaan dalam kategori top skorer karena kalah jumlah assist dari Mueller dan lebih lama tampil di lapangan dibanding Villa dan Sneijder.

Kiper sekaligus kapten tim Spanyol, Iker Casillas, melengkapi gelar juara dunia yang diraih timnya dengan gelar Kiper Terbaik dan berhak atas Sarung Tangan Emas.

Penjaga gawang Real Madrid memang sangat berperan dalam sukses La Furia Roja mengukir sejarah dengan merebut Piala Dunia untuk kali pertama sekaligus negara kedelapan yang jadi juara lewat sejumlah aksi penyelamatan gemilangnya termasuk saat memblok tembakan Arjen Robben dalam situasi satu lawan satu di final lawan Belanda.

Peran Santo Iker juga yang membuat gawang Spanyol tak kebobolan dalam keemat pertandingan di babak knockout.

Selain menjadi juara dunia dan merebut Sarung Tangan Emas, Spanyol juga terpilih sebagai penghargaan sebagai tim Fair Play setelah hanya mendapatkan 8 kartu kuning sepanjang turnamen.

Sebenarnya, Korea Utara mendapatkan kartu kuning lebih sedikit, hanya 2, tapi mereka hanya bermain dalam tiga pertandingan lantaran tersingkir di babak penyisihan.

DAFTAR PERAIH PENGHARGAAN PIALA DUNIA 2010

Golden Ball: Diego Forlan (Uruguay)
Silver Ball: Wesley Sneijder (Belanda)
Bronze Ball: David Villa (Spanyol)

Golden Boot: Thomas Muller (Jerman) - 5 gol, 3 assist
Silver Boot: David Villa (Spanyol) - 5 gol, 1 assist
Bronze Boot: Wesley Sneijder (Belanda) - 5 gol, 1 assist

Golden Glove: Iker Casillas (Spanyol)
Hyundai Best Young Player: Thomas Muller (Jerman)
FIFA Fair Play Award: Spanyol

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon Tidak Mengirim Spam : Karena Setiap Spam akan kami hapus